MENYANYANGI BUMI DIMULAI DARI SEKOLAH

Sebuah langkah kecil SDN Ngaglik 01 Menghijaukan Bumi

Oleh : Irfan Arif, S.Pd

Lingkungan sekolah sebagai lembaga pendidikan sekolah mempunyai tugas dan fungsi untuk belajar mengajar. kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik apabila didukung oleh lingkungan yang bersih, sehat, aman, nyaman. Kebersihan adalah salah satu faktor pendukung untuk mencapai lingkungan yang bersih dan sehat.di lingkungan sekolah perlu diciptakan lingkungan yang bersih .salah satu upaya yang harus dilakukan antara lain setiap siswa atau warga sekolah harus membersihkan lingkungan sekolah setiap hari. dengan adanya jadwal piket kelas, setiap siawa wajib untuk membersihkan lingkungan kelas dan sekitarnya setiap hari. dan setelah selesai makan atau minum bungkus makanan dan minuman harus dibuang ditempat sampah. setelah selesai jam pelajaran akhir atau saat pulang sekolah sampah harus dibuang di tempat pembuangan sampah akhir.

Pentingnya penghijauan untuk mengurangi peristiwa global worming, penghijauan sangat penting bagi sekolah, selain menyejukan udara disekitanya, dapat juga memperindah pemandangan. Penghijauan tidak hanya menanam pohon, dengan membersihkan setiap ruangan dan lingkungan sekitar sekolah, serta membuang sampah pada tempatnya juga termasuk penghijauan.

Membangun kesadaran akan arti penting penghijauan sekolah bukan hanya sekadar jargon saja. Oleh karenanya, sekolah melalui berbagai lini kegiatan  berupaya memberikan sumbangsih nyata dalam mewujudkan bumi yang hijau yang dimulai dari lingkungan terdekat yakni sekolah, terlibat dalam program pemerintah salah satunya program pendidikan lingkungan hidup atau program Adiwiyata.

Program penghijauan sekolah sebenarnya adalah sudah sangat umum dibicarakan, namun terkadang program tersebut hanya sebatas wacana. Implementasi program hanya sampai pada penanaman tumbuhan hijau, kurang ada keberlanjutan program untuk memastikan  tumbuhan tersebut hidup dengan sempurna. Padahal kita ketahui bersama bahwa taman dan tumbuhan hijau adalah paru-paru dunia yang perlu kita pelihara selayaknya paru-paru kita sendiri.juan program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik. SDN Ngalik 01 Batu  mengikuti program Adiwiyata dengan  melibatkan semua elemen sekolah untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran yang berbasis lingkungan hidup. Guru dan peserta didik  juga harus aktif dalam keberlanjutan program yang sudah disepakati bersama.

Sebagai contoh, program penghijauan dibuat bukan hanya sekadar penghijauan. Siswa dan guru kelas diajak untuk menanam dalam media apapun untuk diletakkan di sekolah. Tanaman bisa dalam bentuk pot, hidroponik, atau semacamnya. Apabila tidak ada ruang kosong, bisa memanfaatkan metode taman vertikal di dinding. Namai tanaman sesuai dengan nama siswa sebagai bentuk tanggungjawab sampai tanaman tersebut tumbuh subur. Kegiatan perawatan dilakukan setiap pagi untuk melakukan kegiatan menyiram.

Program Adiwiyata adalah program yang sangat peduli pada pelestarian lingkungan, namun untuk mencapai hasil yang optimal, sekolah dapat berproses dari hal sederhana yang bisa menjadi budaya, budaya peduli lingkungan. Terbentuknya budaya tersebut adalah awal yang baik untuk menumbuhkan kemauan dan kemampuan seluruh warga sekolah dalam pelestarian lingkungan.

Selain kebersihan,penghijauan juga perlu di terapkan dalam lingkungan sekolah. yaitu dengan membuat taman seribu bunga atau dengan menanam pohon di lingkungan sekolah. pogram penghijauan dapat dilakukan oleh para siswa dan guru. tugas guru adalah dengan meyakinkan para siswa tentang dampak negatif dan positif tentang pengijauan.dengan demikian lingkungan sekolah akan menjadi sejuk dan asri serta nyaman ketika dipandang mata.

Program penghijauan sekolah sebenarnya sudah sangat umum dibicarakan. Namun masih jarang dilakukan serius oleh pihak sekolah. Tidak demikian bagi Kepala SD Negeri Ngaglik 01 Batu Dra. Ninit Catur Meindyawati. Ia justru menjadikan program penghijauan sebagai salah satu cara memajukan sekolah agar dipandang lebih oleh masyarakat. Berkat usaha keras yang dilakukan siswa dan guru dengan aktif menanam pohon dan bunga di lingkungan sekolah, SDN Ngaglik 01  ini berhasil membawa sekolah mendapatkan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur pada tahun 2017 lalu, dan kini telah bersiap untuk maju di tingkat nasional.